HARI LANJUT USIA NASIONAL DIMASA PANDEMI COVID-19

Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), dalam kondisi saat ini kelompok lanjut usia (LANSIA) menjadi yang rentan dan berisiko akibat COVID-19.
Keluarga berperan penting dalam memberikan pemahaman dan kondisi saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun. Ajak lansia untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti merawat/menanam bunga, tetap mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup minimal 6-8 jam sehari.

Hal yang perlu dihindari :
1. Tempat keramaian, perkumpulan atau kegiatan sosial seperti arisan,reuni, berbelanja dll.
2. Anggota keluarga/kerabat/siapapun yang memiliki aktivitas dan berisiko terpapar COVID-19 sebisa mungkin hindari mendekati Lansia.

Ayo kita jaga agar Lansia terhindar dari COVID-19. Kelompok lanjut usia menjadi kelompok yang berisiko mengalami efek fatal jika terinfeksi virus corona jenis baru penyebab Covid-19.
Di Indonesia, mengutip data dari laman resmi Covid-19 milik pemerintah, jumlah kasus positif pada lansia yang berusia 60 tahun ke atas adalah sebanyak 15,2 persen. Tidak lebih tinggi dari mereka yang berusia 18-59 tahun. Akan tetapi, jumlah kematian akibat Covid-19 pada usia 60 tahun ke atas adalah yang paling tinggi, ditunjukkan dengan persentase sebesar 43,6 persen. Adapun persentase kesembuhan pada usia 60 tahun ke atas tidak lebih tinggi dari mereka yang berusia antara 18-59 tahun.
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kelompok rentan yakni para lansia dan mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis. Cara yang bisa dilakukan di antaranya, menghindarkan mereka dari bepergian ke luar rumah kecuali ada keperluan genting. “Kalau pun terpaksa keluar rumah, gunakan masker, batasi waktunya. Jika keluar rumah, hindari kerumunan orang jika terpaksa ke luar rumah, sebaiknya menghindari penggunaan moda transportasi yang penuh sesak. Langkah lain yang harus diperhatikan, segera melepas masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, serta berganti pakaian saat sudah sampai rumah. “Ini penting untuk melindungi kelompok rentan Saudara-saudara kita yang berusia lanjut, saudara kita yang berpenyakit kronis, karena kalau mereka terinfeksi Covid-19 akan dapat berakibat fatal. Center for Disease Control and Prenention (CDC) juga menjabarkan upaya perlindungan terhadap lansia dari virus corona.

Perlindungan yang bisa dilakukan sebagai berikut:
 Menunda janji temu orang tua selama pandemi
 Menghindarkan orang tua dari kegiatan berkumpul
 Menyediakan stok makanan
 Menghindari perjalanan dengan kapal pesiar dan pesawat
 Sebisa mungkin meminta orang tua untuk berada di rumah saja.
Akan tetapi, CDC mengingatkan, pembatasan kontak sosial pada lansia bisa mengakibatkan mereka mengalami kesepian dan depresi yang berisiko pada kematian. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dalam menjaga mereka dari kontak sosial mereka dengan jangan sampai itu menjadi isolasi penuh yang membuat mereka bosan.

Sumber

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/29/093000865/hari-lansia-nasional-lindungi-orang-tua-dari-paparan-virus-corona-?page=3
http://promkes.kemkes.go.id/agenda/hari-lanjut-usia-nasional
https://www.antaranews.com/berita/1522256/hari-lanjut-usia-diperingati-secara-virtual-di-tengah-pandemi

 

Selalu dicek

Vaksin COVID19 Tahap Pertama, Semangaaat!!!!

Tepat Tanggal 1 Februrari 2021, RSUD Puri Husada Tembilahan memulai Vaksinasi terhadap seluruh Karyawan/Karyawati di …