Ingat Pesan Ibu : Protokol kesehatan

 

Tahukah kamu bahwa Indonesia tengah mengalami kenaikan kasus COVID-19 kembali selama 1 bulan terakhir? Meskipun belum secara resmi memasuki gelombang ketiga, Kementerian Kesehatan terus melakukan upaya pemantauan guna mendeteksi indikator kenaikan kasus. Dengan kondisi yang seperti itu, saat ini masih ada sejumlah masyarakat yang belum memahami pentingnya menekan angka penyebaran virus tersebut salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan, bahkan sebagian masih ada yang belum tahu tentang apa itu protokol kesehatan covid19. kurangnya sosialisasi, tidak ada internet, jarang menonton televisi salah satu dari sekian banyak yang membuat rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terkait protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Setelah menjalani tahun ke dua pandemi COVID-19, saat ini Virus telah melahirkan berbagai macam varian mulai dari Alpa, Beta, Delta hingga yang terbaru adalah omicron, tingkat kesakitan dan kematian yang terjadi cukup tinggi di indonesia bahkan diseluruh dunia. Berbagai upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah indonesia melalui kegiatan vaksinasi dosis 1 dan 2 hingga booster, membuat kebijakan-kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang kita kenal dengan istilah PPKM beragam tingkatan level hingga penerapan protokol kesehatan. 

Protokol kesehatan merupakan aturan atau regulasi yang harus dipatuhi semua pihak untuk memastikan dapat mengambil tindakan dengan aman selama pandemi Covid-19. Ruang lingkup protokol kesehatan meliputi pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat dan fasilitas umum dengan memperhatikan aspek kesehatan individu dan titik-titik kritis dalam perlindungan kesehatan masyarakat. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/382/2020, berikut beberapa indikator protokol kesehatan dalam melindungi diri, yaitu :

  

  • Menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Riset yang dilakukan oleh oleh Ma, dkk menunjukkan bahwa penggunaan masker mampu mencegah aerosol virus sebanyak 99,98% untuk masker N95 dan 97,14% untuk masker medis. WHO merekomendasikan memakai masker saat berada dikeramaian. Penggunaan masker yang benar juga penting untuk meningkatkan efektivitasnya.

  • Membersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir atau menggunakan cairan antiseptik berbasis alcohol/handsanitizer. Selalu menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak bersih. Dari hasil riset yang dilakukan oleh Przekwas & Chen bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh 98,36% virus penyebab penyakit.

  • Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena percikan atau cipratan air liur (droplet) dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Hasil riset yang dilakukan oleh Sun & Zhai, 1,6-3,0 m adalah jarak sosial yang aman dan efektif untuk mengontrol penularan aerosol virus yang dihembuskan saat seseorang berbicara. Semakin jauh jaraknya maka dapat mengurangi tingkat infeksi sebesar 20-40%.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mengkonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup (minimal 7 jam), serta menghindari faktor risiko penyakit.

So guys, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan dimanapun kalian berada. Ingat! Dirumah kalian banyak keluarga yang rentan terhadap virus covid19 ini dikarenakan memiliki penyakit penyerta (komorbid) dan belum memiliki kekebalan (herd immunity).  Salam sehat dan tetap produktif di era pandemi!

Referensi :

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No HK.01.07/MENKES/382/2020. Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat Di Tempat Dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 19 Juni 2020.

Ma, Q., Shan, H., Zhang, H., Li, G., Yang, R., & Chen, J. (2020). Potential utilities of mask‐wearing and instant hand hygiene for fighting SARS‐CoV‐2. Journal of Medical Virology. https://doi.org/10.1002/jmv.25805

Przekwas, A., & Chen, Z. (2020). Washing hands and the face may reduce COVID-19 infection. Medical Hypotheses, 144, 110261. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110261

Sun, C., & Zhai, Z. (2020). The efficacy of social distance and ventilation
effectiveness in preventing COVID-19 transmission. Sustainable Cities and Society, 62, 102390. https://doi.org/10.1016/j.scs.2020.102390

Selalu dicek

Pelaksanaan Qurban 1442 H/ 2021 M, Ayoo Kita berqorban!!!

Tembilahan, 21 Juli 2021 RSUD Puri Husada Tembilahan kembali melaksanakan Ibadah Qurban, Ibadah qurban merupakan …

JAM BERKUNJUNG / BESUK
SIANG :
SORE :
SELAMA PANDEMI COVID 19, TIDAK DIBERLAKUKAN JAM BESUK

------------------------------------------------------------------------


KONTAK PENGADUAN KELUHAN
(VIA TELP / SMS)
0811-7511009