KONSELING MENYUSUI

Meski menyusui merupakan hal alami, namun tak jarang ibu mengalami kesulitan untuk melakukannya. Jangan buru-buru berkecil hati. Dengan mengetahui beberapa langkah cara menyusui yang benar proses menyusui akan lebih mudah bagi ibu dan bayi. Demikian penuturan yang disampaikan oleh dr Nurrobiyah Sp.A, saat menyampaikan Materi Konseling ASI, Senin 15 April 2019 di hadapan perawat dan bidan RSUD Puri Husada.
Air susu ibu (ASI) mengandung lebih dari 200 nutrisi yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan bayi. Seiring dengan tumbuh kembangnya, kandungan nutrisi di dalam ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.
Menyusui memang bukanlah suatu penyakit yang ditangani secara medis, namun kegagalan ibu menyusui memberikan resiko yang besar terhadap kesehatan anak. Dukungan tenaga kesehatan menjadi salah satu kunci keberhasilan ibu menyusui.
Mamfaat menyusui :
 ASI mengandung zat zat gizi yang lengkap, mudah dicerna dan diserap
 Menyusui membantu bonding dan perkembangan, membantu menunda kehamilan baru, membantu melindungi kesehatan ibu
 Biaya lebih rendah
Keuntungan psikologis menyusui
a. Ikatan emosi
 Kedekatan hubungan kasih sayang antara anak
 Secara emosional ibu lebih puas
 Bayi jarang menangis
 Ibu berperilaku lebih menyayangi
 Meniadakan keinginan untuk menyiksa atau menelantarkan bayinya
b. Perkembangan
 Lebih baik dalam melakukan test kecerdasan masa kanak-kanak
Dr Nurrobiyah menegaskan, Proses pemberian ASI eksklusif dimulai, sejak bayi lahir hingga 180 hari kedepan dengan cara IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Inisiasi menyusu dini (IMD) merupakan proses menyusu segera yang dilakukan dalam satu jam pertama setelah bayi lahir. Satu jam pertama kelahiran bayi adalah saat paling penting, karena di masa satu jam pertama ini terjadi fase kehidupan yang mempengaruhi proses menyusui.

Fase fase Inisiasi Menyususi Dini (IMD) :
 Bayi diletakkan bertelanjang dada diatas ibunya selama kurang lebih 30 menit bayi akan diam namun bayi dalam kondisi siaga, fase ini merupakan fase peralihan dari dalam kandungan ke luar kandungan
 Bayi akan mulai menggerakkan kepalanya, bayi akan menoleh ke kiri dank e kanan
 Bayi akan membaui dan menjilati punggung tangan yang masih basah oleh air ketuban, karena bau air ketuban menjadi petunjuk bagi bayi untuk bias mencari payudara ibunya
 Bayi akan bergerak menuju payudara ibunya, kaki akan di hentak hentakkan agar badan terdorong kearah payudara
 Bayi akan menjilati putting, mengulum kemudian menghisap payudara
Proses IMD tersebut dapat dilakukan dengan kerjasama dari berbagai pihak. Dukungan RS, dokter, suster, bidan, orang tua dalam melakukan IMD akan memberikan bayi hak mereka untuk bisa mendapatkan yang terbaik. “Mari selamatkan satu juta bayi dengan satu pesan, berikan kesempatan bayi satu jam pertama setelah mereka lahir melalui Inisiasi Menyusu Dini”.
Sumber :
Materi Konseling Menyusui dr Nurrobiyah M.Ked.(Ped) Sp.A dan dr Karlince S.M.Ked (Ped) Sp.A

Selalu dicek

TELAH HADIR PELAYANAN AKUPUNTUR MEDIK DI RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN

Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan kembali menambah jenis pelayanan di Instalasi Rawat Jalan …