n95masker3 tile

Mengenal Masker N95

n95masker3 tile

Anda mungkin pernah mendengar masker kelas atas yang disebut sebagai masker N95 atau Respirator N95. Dalam sejumlah situasi dan kondisi seperti kabut asap oleh karena kebakaran hutan, hujan debu/abu vulkanik, dan sebagainya yang cukup sering di Indonesia – di mana kualitas udara bisa mengganggu kesehatan, maka masker N95 bisa membantu banyak (tapi tidak semua) orang.

Mari kita bahas sedikit mengenai masker atau respirator N95 ini.

Perlu diketahui bahwa masker N95 tidak ditujukan bagi paparan jangka pendek, seperti untuk berangkat dari rumah ke sekolah atau tempat kerja, atau dari pemberhentian bus ke pasar misalnya. Masker N95 juga tidak ditujukan bagi penggunaan di dalam ruangan.

Orang sehat yang berada di luar ruangan selama beberapa jam ketika udara berada dalam rentang kualitas buruk (PSI > 300)[1][2], akan bisa membantu mengurangi paparan dengan mengenakan masker N95.

Masker N95 hanya berfungsi jika terpasang secara pas dengan wajah pemakai. Dengan demikian, kebanyakan udara yang dihirup oleh pemakai melewati sawar dan tidak melalui celah antara masker dan wajah pemakai. Kabut bisa mengandung partikel halus yang berukuran 2,5 mikron atau lebih kecil (PM2.5), dan penelitian telah menunjukkan bahwa masker N95 menyediakan perlindungan yang baik terhadap partikel pencemar di mana setidaknya 95% efektif untuk partikel halus yang berukuran 0,1 – 0,3 mikron.

Penggunaan masker N95 meningkatan upaya bernapas. Bagi sejumlah orang, penggunaan masker N95 bisa menyebabkan ketidaknyamanan untuk bernapas, kelelahan, atau sakit kepala. Ini bisa jadi karena masker menyebabkan kesulitan bernapas, dan mengurangi volume udara yang dihirup. Bagi kebanyakan orang, ini bukanlah hal yang serius.

Para manula, ibu hamil, atau mereka yang menderita penyakit paru dan jantung sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan masker N95. Jika saat menggunakan merasakan ketidaknyamanan, maka masker bisa dilepas sesaat sebelum mengenakannya kembali. Namun jika ketidaknyamanan yang ditimbulkan cukup serius, maka disarankan untuk tidak mengenakan masker N95.

Berikut ulasannya, seperti dikutip situs Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA), Kamis (17/9/2015):

  1. Melindungi hingga 95-100 persen partikel udara yang menyebabkan penyakit

Masker N95 digunakan sebagai salah satu bagian dari strategi pengendalian infeksi. Jika digunakan dengan benar, masker ini dapat membantu memblok partikel udara hingga 0,3 mikron yang mungkin mengandung kuman (virus dan bakteri), dan menjaga mulut dan hidung. Masker juga dapat membantu mengurangi paparan air liur dari sekresi pernapasan orang lain.

  1. Digunakan hanya sekali Masker N95 hanya bisa digunakan sekali.

Jika masker Anda rusak atau kotor, maka pemakainya akan kesulitan bernapas. Sebelum menggunakannya, pastikan cuci tangan terlebih dahulu baru memegang masker.

  1. Bukan untuk anak-anak

N95 respirator tidak dirancang untuk anak-anak atau orang-orang yang memiliki banyak bulu di wajah.

  1. Tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) umumnya tidak merekomendasikan penggunaan masker sehari-hari. Masker ini cocok untuk orang menderita penyakit pernapasan. Silakan berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut tentang kapan harus menggunakan N95 Respirator di lingkungan rumah.

  1. Digunakan dalam industry

Kebanyakan respirator N95 digunakan untuk melindungi kuli bangunan karena efektivitasnya telah diuji oleh Personal Protective Laboratorium Teknologi Nasional (NPPTL) di NIOSH, di bawah Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC) Penyakit.

Sumber :

  1. http://beritagar.id/artikel/infografik/mencari-masker-asap-yang-tepat
  2. http://dokter.legawa.com/?p=269
  3. http://health.liputan6.com/read/2319735/5-fakta-tentang-masker-n95?p=2

Selalu dicek

KAPAN ORANG YANG TERINFEKSI VIRUS CORONA DAPAT MENULARKAN?

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengeluarkan pernyataan terbaru terkait virus corona jenis baru penyebab Covid-19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.